Pages

Home » , , » METODE ETNOGRAFI

METODE ETNOGRAFI

METODE-METODE ETNOGRAFI

Abstraksi

Etnografi ­yang akan dibahas lebih lanjut dalam tulisan ini – merupakan salah satu metode penelitian kualitatif. Dalam kajian komunikasi, Etnografi digunakan untuk meneliti perilaku-perilaku manusia berkaitan dengan perkembangan teknologi komunikasi dalam setting sosial dan budaya tertentu. Ringkas penjelasan dari beberapa metode-metode etnografi seperti, etnografi versi awal adalah unsur kebudayaan suatu masyarakat seperti, bahasa, mata pencaharian, sistem teknologi, organisasi sosial, kesenian, sistem pengetahuan, dan religi. Etnografi baru adalah analisis dalam penelitian ini tidak didasarkan semata-mata pada interpretasi peneliti. Etnografi modern adalah perhatian utama para peneliti adalah pada kehidupan masa kini, yaitu tentang the way of life masyarakat tersebut. Dan etnografi ala Spradley adalah menyusun strategi perilaku. Sehingga dari metode-metode di atas dapat menghasilkan sebuah deskripsi kebudayaan.


       I.            PENDAHULUAN
Dalam Ensiklopedia Indonesia (ENI), disebutkan etnografi adalah cabang antropologi, merupakan pelukisan dan analisis tentang kebudayaan suatu masyarakat atau suku bangsa. Etnografi biasanya terdiri atas uraian terperinci mengenai aspek cara berperilaku dan cara berpikir yang sudah membaku pada orang yang dipelajari, berupa tulisan, foto, gambar atau film yang berisi laporan atau deskripsi tersebut. Yang dipelajari oleh ahli etnografi adalah unsur kebudayaan suatu masyarakat seperti , bahasa, mata pencaharian, sistem teknologi, organisasi sosial, kesenian , sistem pengetahuan, dan religi. Bila penulisan yang dilakukan menggambarkan perbandingan antara dua atau lebih kelompok masyarakat, studi perbandingan tersebut disebut etnologi.


A.      ETNOGRAFI VERSI AWAL

Kelebihan etnografi awal adalah Etnografi mula-mula dilakukan untuk membangun tingkat-tingkat perkembangan evolusi budaya manusia dari masa manusia mulai muncul di permukaan bumi sampai ke masa terkini. Dan para ahli menerapkan teori evolusi biologi terhadap bahan-bahan tulisan tentang berbagai suku bangsa di dunia, bersumber tulisan yang dikumpulkan oleh para musafir, penyebar agama Kristen, pegawai pemerintah colonial dan penjelajah alam.
Kekurangan etnografi awal adalah para ahli tidak turun langsung ke lapangan yang menjadikan objeknya.


B.       ETNOGRAFI MODERN
Kelebihan etnografi modern adalah perhatian utama para peneliti adalah pada kehidupan masa kini, yaitu tentang the way of life masyarakat tersebut. Menurut pandangan dua antropolog ini tujuan etnografi adalah untuk mendeskripsikan dan membangun struktur sosial dan budaya suatu masyarakat. Untuk itu peneliti tidak cukup hanya melakukan wawancara, namun hendaknya berada bersama informan sambil melakukan observasi.
Kekurangan etnografi modern adalah para peneliti hanya mempelajari kehidupan masa kini yang sedang di jalani oleh anggota masyarakat.


C.      ETNOGRAFI BARU
Kelebihan etnografi baru adalah analisis dalam penelitian ini tidak didasarkan semata-mata pada interpretasi peneliti tetapi merupakan susunan pikiran dari anggota masyarakat yang dikorek keluar oleh peneliti. Karena tujuannya adalah untuk menemukan dan menggambarkan organisasi pikiran dari suatu masyarakat, maka pemahaman peneliti akan studi bahasa menjadi sangat penting dalam metode penelitian ini. “Pengumpulan riwayat hidup atau suatu strategi campuran, bahasa akan muncul dalam setiap fase dalam proses penelitian ini.
Kekurangan etnografi baru adalah etnografi ini hanya mendikripsikan secara objektif.


D.      ETNOGRAFI ALA SPRADLEY
Kelebihan etnografi Spradley adalah James Spardley mengungkap perjalanan etnografi dari mula-mula sampai pada bentuk etnografi baru. Kemudian dia sendiri juga memberikan langkah-langkah praktis untuk mengadakan penelitian etnografi yang disebutnya sebagai etnografi baru ini. Yang kemudian Spradley gunakan untuk mengintrepretasikan dunia sekelilingnya, sekaligus untuk menyusun strategi prilaku dalam menghadapi dunia sekeliling.
Kekurangan etnografi Spradley adalah pada pandangan metode ini hanya mangamati masyarakat yang terisolasi dan menjadikan etnografi ini sebagai alat yang fundamental saja.


KESIMPULAN

Kesimpulan dari metode-metode di atas dapat menjadi fondasi bagi metode penelitian etnografi. Seperti pentingnya membahas konsep bahasa, baik dalam melakukan proses penelitian maupun saat menuliskan hasilnya – dalam bentuk verbal. Sesungguhnya adalah penting bagi peneliti untuk mempelajari bahasa setempat, namun, telah menawarkan sebuah cara, yakni dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan etnografis. Sehingga menghasilkan sebuah deskripsi kebudayaan.


Share this article :

No comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Blog DaSaBHuMi - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger