RPP : Interaksi sosial
Sekolah : SMK
NEGERI 5 MADIUN
Kelas/Semestar : Kls XI/ smt 1
Pertemuan : 2 x TM (@1 tp 90 menit)
Standar Kompetensi :
Memahami Kehidupan Sosial Manusia
Kompetensi dasar : Mengidentifikasi interaksi sebagai
proses sosial
- Indikator
a. Konten/produk
1. Mendiskripsikan
pengertian interaksi sosial
2. Mendiskripsikan
jenis-jenis interaksi sosial
3. Mendiskripsikan
ciri-ciri dan faktor interaksi sosial
b. Proses
4. Menyelidiki
secara langsung interaksi sosial yang ada didalam kelas
c. Psikomotor
5. Membuat
paper mengenai interaksi sosial yang ada dilingkungan masyarakat
d. Afektif
6. Perilaku
Berkarakter
Menghargai
pendapat, berbagi tugas, partisipasi, mendengarkan, bekerjasama, memberi
dukungan
e. Ketrampilan
sosial
7. Melakuakan
komunikasi meliputi diskusi, berpendapat dan tanya jawab
- Tujuan
pembelajaran
a. Produk
1. Siswa
mampu mendiskripsikan pengertian interaksi sosial menggunakan bahasanya sendiri
2. mampu menyebutkan jenis-jenis interaksi sosial
3. Siswa
mampu menyebutkan dan menjelaskan ciri-ciri dan faktor-faktor interaksi sosial
b.
Proses
4.
Dengan
buku
tertutup siswa dapat memberikan argumennya mengenai interaksi sosial
berdasarkan ciri-ciri dan faktornya
c. Afektif
Terlibat
dalam KBM yang berpusat pada siswa, siswa dapat menunjukkan sikap menghargai
pendapat, berbagi tugas, partisipasi, mendengarkan, bekerjasama, memberi
dukungan
d.
Psikomotor
Siswa
mampu menganalisis lingkungan sosialnya berdasarkan ciri-ciri dan faktor
interaksi sosial
e.
Ketrampilan
sosial
Terlibat dalam KBM yang berpusat pada siswa, siswa dapat
melakukan komunikasi meliputi presentasi, bertanya,
bekerjasama dan berpendapat
- Materi
Pembelajaran
·
Pengertian interaksi sosial
·
Jenis-jenis interaksi
sosial
·
Ciri-ciri interakksi
sosial
·
Faktor-faktor interaksi
sosial
- Metode
Pembelajaran : Ceramah berfariasi
- Skenario
Pembelajaran
Pertemuan
pertama
Pembukaan
20 Menit
|
Terlaksana/Tidak
Terlaksana/Tidak
Terlaksana/Tidak
Terlaksana/Tidak
Terlaksana/Tidak
Terlaksana/Tidak
Terlaksana/Tidak
Terlaksana/Tidak
|
Inti
: 60 menit
|
Terlaksana/Tidak
Terlaksana/Tidak
Terlaksana/Tidak
Terlaksana/Tidak
Terlaksana/Tidak
Terlaksana/Tidak
Terlaksana/Tidak
Terlaksana/Tidak
Terlaksana/Tidak
Terlaksana/Tidak
|
Penutup
: 10 menit
|
Terlaksana/Tidak
Terlaksana/Tidak
Terlaksana/Tidak
|
- Rubrik
Assesment
a.
Rubrik
assesmen untuk sikap kooperatif
Sifat tugas : individual
Nama :
Tugas ke :
No
|
Aspek
|
Skor
|
Nilai
|
1
|
Keaktifan bertanya
a. sangat aktif
b. aktif
c. pasif
|
9-10
6-8
< 5
|
|
2
|
Keaktifan menjawab
a. sangat baik
b. baik
c. kurang
|
9-10
6-8
< 5
|
|
3
|
Menghargai pendapat org lain
a. sangat baik
b. cukup
c. kurang
|
9-10
6-8
< 5
|
|
4
|
Tanggung jawab
a. sangat baik
b. cukup
c. kurang
|
9-10
6-8
< 5
|
Petunjuk:
b. Rubrik
assesment ulangan harian
Tes
Subyektif/ uraian : Dijawab Benar skor 10, dijawab Setengah benar skor 5, dijawab Salah skor 2,
dan Tidak dijawab skor 0
Standar Kelulusan
Siswa
dinyatakan LULUS jika memperoleh
nilai ≥ 65 % atau nilai 65 dari skor total
- Sumber Belajar
1. Modul
IPS 1 SMK , Drs.Agus Sumali dan Sarilan M.Ali, S.pd, Yudistira, 2007
2. Modul
IPS 1 SMK, tim MGMP IPSUtama Inti Media,2009
- Evalusi
1. Jelaskan
pengertian interaksi sosial menurut anda, dengan bahasa anda sendiri !
2. Sebutkan jenis-jenis interaksi sosial dan beri
contohnya masing-masing !
3. Sebutkan
fungsi dari interaksi sosial yang anda ketahui !
5. Sebutkan
faktor-faktor interaksi sosial dan beri contohnya masing-masing !
f. Kisi-kisi
kunci jawaban
1. Interaksi
sosial adalah suatu hubungan timbal balik antara dua pihak atau lebih, baik
secara langsung atau tidak langsung yang menimbulkan aksi dan reaksi agar
terjadi aktivitas sosial.
2. Jenis-jenis
interaksi sosial
-Interaksi antara individu dengan
individu
Contoh
: seorang siswa menceritakan masalah pribadinya kepada teman sebangkunya
-interaksi antara individu dengan
kelompok
Contoh
: Kepala sekolah SMKN 5 Madiun
memberikan amanat kepada siswa-siswi SMKN 5 Madiun saat upacara bendera hari
senin
-Interaksi antara kelompok dengan
kelompok
Contoh
: OSIS dan Bantara SMKN 5 Mdiun mengadakan rapat untuk membahas MOS
3. Fungsi
interaksi sosial :
·
Menjalin hubungan
dengan kedua belah pihak
·
Bertukar informasi
·
Menambah wawasan (
pengetahuan )
4. -
Positif : seorang ketua RT menkordinasi warganya untuk siskamling setiap malam
hari
-
Negatif : seorang siswa memaksa temannya untuk merokok
5.
-Imitasi : seoarang siswa meniru penampilan seorang bintang film terkenal,
seperti memakai make up berlebihan
-Sugesti
: pimpinan partai politik melakukan kampanye di hadapan rakyat, agar memilih
partai politiknya
-Identifikasi
: budi merelakan tubuhnya diOperasi plastik seperti seorang wanita yang
diidolakannya
-Simpati : nina sangat menyukai
budi, dia berusaha agar budi suka padanya
-Motivasi
: bu Indra menyuruh anak-anak kelas XI AK 2 untuk selalu belajar dengan rajin
dan giat setiap hari
-Empati
: Anggota OSIS SMKN 5 Madiun melakukan bakti sosial kepada korban gempa di
Jogjakart
* Ulangan harian dilakuakan setelah KD pertama selesai (interaksi sosial dan Proses sosial)
Kisi-kisi
Materi : Interaksi Sosial
- Pengertian
interaki sosial
Dilihat dari asal-usulnya interaksi
sosial berasal dari bahasa inggris “social interaction” yang mengandung
pengertian sebagai saling tindak yang dibangun dipertahankan dan diubah oleh
dua orang atau lebih. Hal ini mengisyaratkan bahwa tindakan sosial merupakan
unsur utama interaksi sosial. Secara etimologis, interaksi terdiri atas dua
kata, yaitu inter berarti berbalas-balasan dan aksi berarti tindakan. Jadi
interaksi sosial adalah peristiwa saling berhubungan antara dua pihak atau
lebih, baik secara langsung maupun tidak langsung , baik verbal maupun
nonverbal.
v Pengertian
interaksi meurut para ahli sosiologi
1. Kimbal
Young
Interaksi sosial adalah sebagai
kunci dari semua kehidupan sosial sosial. Maka dari itu jika tidak ada
interaksi sosial, tidak mungkin terdapat kehidupan bersama. Menurutnya
interaksi sosial menjadi syarat utama terjadinya aktivitas sosial.
2. Prof.DR.Soerjono
Soekanto
Interaksi sosial sebagai
bentuk-bentuk yang tampak, apabila orang-perorangan, atau kelompok-kelompok
manusia itu mengadakan hubungan satu dengan yang lain, dengan turutama
mengetengahkan kelompok sosial serta lapisan sosial sebagai unsur-unsur pokok
dari struktur sosial.
3. Roucek
dan Waren (1963)
Interaksi sosial dirumuskan dengan
terlihat adanya aksi dan reaksi, serta mengandung rangsangan dan respons.
v Dari
beberapa devinisi dari para ahli dapat kita ketahui bahwa wujud proses-proses
sosial adalah interaksi sosial, karena interaksi sosial itu menjadi syarat
utama terjadinya aktivitas-aktivitas sosial. Bentuk interaksi sosial melalui
proses-proses sosial yang beraneka ragam yang menyusun unsur-unsur dinamis
masyarakat yang melalui tingkah laku yang dikaitkan dengan struktur sosial.
- Jenis-jenis
Interaksi Sosial
1. Interaksi
antara individu dengan individu
Contoh
: seorang siswa menceritakan masalah pribadinya kepada teman sebangkunya
2. interaksi
antara individu dengan kelompok
Contoh
: Kepala sekolah SMKN 5 Madiun
memberikan amanat kepada siswa-siswi SMKN 5 Madiun saat upacara bendera hari
senin
3. Interaksi
antara kelompok dengan kelompok
Contoh
: OSIS dan Bantara SMKN 5 Madiun mengadakan rapat untuk membahas MOS
- Ciri-ciri
interaksi sosial
·
Ada pelaku yang
jumlahnya lebih dari satu orang
·
Ada komunikasi antar
pelaku denngan menggunakan simbol-simbol
·
Ada dimensi waktu yang
menentukan sifat aksi yang sedang berlangsung
·
Ada tujuan-tujuan
tertentu
- Faktor-faktor
interaksi sosial
1. Imitasi
adalah tindakan sosial meniru sikap, tindakan, tingakah laku, penampilan fisik
seseorang secara berlebihan. Imitasi dapat berdampak positif maupun negatif
tergantung cara pandang masyarakat umum menilainya.
Contoh
; Seorang anak meniru ayahnya, seorang siswa meniru gaya bicara gurunya
2. Identifikasi
adalah proses interaksi sosial berupa upaya menyamai orang lain atau imitasi
yang lebih dalam, artinya bukan saja perilaku yang ditiru tetapi sudah mengarah
ke kejiwaan
Contoh
: Seorang murid mengagumi gurunya sehingga dia mengidentifikasi gurunya bahkan
dia bercita-cita ingin menjadi guru yang seperti dikaguminya
3. Sugesti
adalah rangsangan yang diberikan oleh seseorang kepada orang lain dengan cara mempengaruhi
segi kejiwaan
Contoh
; Bung Tomo mengobarkan semangat arek-arek Surabaya untuk mengusir Inggris
4. Motivasi
adalah dorongan yang timbl pada diri seseorang secara sadar atau tidak sadar
untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu
Contoh
: orang tua memberikan Motivasi kepada anaknya agar anaknya belajar lebih baik
, dan apabila anaknya bisa memperoleh juara atau ranking dia akan diberi hadiah
sepeda baru
5. Simpati
adalah proses kejiwaan seseorang yang merasa tertarik kepada seseorang atau sekelompok
orang karena sikap, penampilan, perilaku, tindakan, kewibawaan, kepandaian,
dll.
Contoh
; seorang laki-laki mendekati perempuan
6. Empati
adalah perasaan ikut mengalami, misalnya melihat orang jatuh ikut merasakan sakit
. melihat orang meninggal ikut merasakan kehilangan,iba dan haru
·
No comments:
Post a Comment