Pages

Home » , , » CONTOH RPP SMK Interaksi Sosial

CONTOH RPP SMK Interaksi Sosial

RPP : Interaksi sosial 

Sekolah                       : SMK NEGERI 5 MADIUN
Kelas/Semestar            :  Kls XI/ smt 1
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Sosial
Pertemuan                   : 2 x TM (@1 tp 90 menit)
Standar Kompetensi   : Memahami Kehidupan Sosial Manusia
Kompetensi dasar       : Mengidentifikasi interaksi sebagai proses sosial

  1. Indikator
a.       Konten/produk
1.      Mendiskripsikan pengertian interaksi sosial
2.      Mendiskripsikan jenis-jenis interaksi sosial
3.      Mendiskripsikan ciri-ciri dan faktor interaksi sosial
b.      Proses
4.      Menyelidiki secara langsung interaksi sosial yang ada didalam kelas
c.       Psikomotor
5.      Membuat paper mengenai interaksi sosial yang ada dilingkungan masyarakat
d.      Afektif
6.      Perilaku Berkarakter
Menghargai pendapat, berbagi tugas, partisipasi, mendengarkan, bekerjasama, memberi dukungan
e.       Ketrampilan sosial
7.      Melakuakan komunikasi meliputi diskusi, berpendapat dan tanya jawab

  1. Tujuan pembelajaran
a.       Produk
1.      Siswa mampu mendiskripsikan pengertian interaksi sosial menggunakan bahasanya sendiri
2.       mampu menyebutkan jenis-jenis interaksi sosial
3.      Siswa mampu menyebutkan dan menjelaskan ciri-ciri dan faktor-faktor interaksi sosial
b.      Proses
4.      Dengan buku tertutup siswa dapat memberikan argumennya mengenai interaksi sosial berdasarkan ciri-ciri dan faktornya
c.       Afektif
Terlibat dalam KBM yang berpusat pada siswa, siswa dapat menunjukkan sikap menghargai pendapat, berbagi tugas, partisipasi, mendengarkan, bekerjasama, memberi dukungan
d.      Psikomotor
Siswa mampu menganalisis lingkungan sosialnya berdasarkan ciri-ciri dan faktor interaksi sosial
e.       Ketrampilan sosial
Terlibat dalam KBM yang berpusat pada siswa, siswa dapat melakukan komunikasi meliputi presentasi, bertanya, bekerjasama dan berpendapat
  1. Materi Pembelajaran
·         Pengertian interaksi sosial
·         Jenis-jenis interaksi sosial
·         Ciri-ciri interakksi sosial
·         Faktor-faktor interaksi sosial
  1. Metode Pembelajaran : Ceramah berfariasi
  2. Skenario Pembelajaran
Pertemuan pertama
Pembukaan 20 Menit
  1. Guru masuk kelas dengan salam
  2. Guru mengkondisikan kelas
  3. Guru melakukan presensi
  4. Guru memperkenalkan diri
  5. Guru memotivasi siswa
  6. Guru membuat kontrak belajar dengan siswa
  7. Guru membagi papan tulis menjadi dua
  8. Guru menyampaikan materi yang akan dipeajari
Terlaksana/Tidak
Terlaksana/Tidak
Terlaksana/Tidak
Terlaksana/Tidak
Terlaksana/Tidak
Terlaksana/Tidak
Terlaksana/Tidak
Terlaksana/Tidak
Inti : 60 menit
  1. Guru menuliskan materi yang akan dipelajari yaitu tentang interaksi sosial dan ditulis dipapan tulis
  2. Guru menanyakan kepada siswa apa yang diketahui tentang interaksi sosial, jawaban-jawaban yang diutarakan oleh siswa ditulis dipapan tulis
  3. Guru bersama dengan murid membuat definisi tentang interaksi sosial
  4. Guru menjelaskan pengertian interaksi sosial menurut para ahli sosiologi
  5. Guru menanyakan kepada siswa apakah sudah mengerti tentang pegertian interaksi sosial, kalau sudah mengerti guru melanjutkan dengan jenis-jenis interaksi sosial
  6. Guru menjelaskan jenis-jenis interaksi sosial dan memberi contoh dari masig-masing jenis interaksi sosial, kemudian guru menjelaskan tentang ciri-ciri interaksi sosial.
  7. Guru menanyakan kepada siswa apakah sudah mengerti tentang jenis dan ciri-ciri interaksi sosial, kalau sudah mengerti guru melanjutkan dengan faktor-faktor interaksi sosial
  8. Guru menjelaskan faktor-faktor apa saja yang ada dalam interaksi sosial dan memberi contoh dimasing-masing faktor interaksi sosial
  9. Guru menanyakan kepada siswa, materi yang mana yang belum dimengerti, jika ada yang belum jelas guru mengulangnya sampai siswa tahu.
  10. Setelah semua mengerti bersama-sama siswa, guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
Terlaksana/Tidak

Terlaksana/Tidak

Terlaksana/Tidak

Terlaksana/Tidak

Terlaksana/Tidak

Terlaksana/Tidak


Terlaksana/Tidak


Terlaksana/Tidak

Terlaksana/Tidak

Terlaksana/Tidak
Penutup : 10 menit
  1. Guru memberi kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari yaitu tentang “Interaksi Sosial”
  2. Guru memberi tugas kepad siswa untuk memberi contoh masing-masing dua dari faktor-faktor interaksi sosial
  3. Salam penutup
Terlaksana/Tidak

Terlaksana/Tidak

Terlaksana/Tidak

  1. Rubrik Assesment
a.       Rubrik assesmen untuk sikap kooperatif
Sifat tugas       : individual
            Nama               :
            Tugas ke          :
No
Aspek
Skor
Nilai
1
Keaktifan bertanya
a. sangat aktif
b. aktif
c. pasif

9-10
6-8
< 5


2
Keaktifan menjawab
a. sangat baik
b. baik
c. kurang

9-10
6-8
< 5


3
Menghargai pendapat org lain
a. sangat baik
b. cukup
c. kurang

9-10
6-8
< 5




4
Tanggung jawab
a. sangat baik
b. cukup
c. kurang

9-10
6-8
< 5


Petunjuk:
b.      Rubrik assesment ulangan harian
Tes Subyektif/ uraian : Dijawab Benar skor 10, dijawab Setengah benar skor 5, dijawab Salah skor 2, dan Tidak dijawab skor 0
Standar Kelulusan
Siswa dinyatakan LULUS jika memperoleh nilai ≥ 65 % atau nilai 65 dari skor total
  1. Sumber  Belajar
1.      Modul IPS 1 SMK , Drs.Agus Sumali dan Sarilan M.Ali, S.pd, Yudistira, 2007
2.      Modul IPS 1 SMK, tim MGMP IPSUtama Inti Media,2009

  1. Evalusi
1.      Jelaskan pengertian interaksi sosial menurut anda, dengan bahasa anda sendiri !
2.      Sebutkan  jenis-jenis interaksi sosial dan beri contohnya masing-masing !
3.      Sebutkan fungsi dari interaksi sosial yang anda ketahui !
4.      Sebutkan salah satu contoh proses interaksi sosial yang terjadi dilingkungan sekitarmu, dari segi positif  dan negatif.
5.      Sebutkan faktor-faktor interaksi sosial dan beri contohnya masing-masing !
f.       Kisi-kisi kunci jawaban
1.      Interaksi sosial adalah suatu hubungan timbal balik antara dua pihak atau lebih, baik secara langsung atau tidak langsung yang menimbulkan aksi dan reaksi agar terjadi aktivitas sosial.
2.      Jenis-jenis interaksi sosial
-Interaksi antara individu dengan individu
Contoh : seorang siswa menceritakan masalah pribadinya kepada teman sebangkunya
-interaksi antara individu dengan kelompok
Contoh :  Kepala sekolah SMKN 5 Madiun memberikan amanat kepada siswa-siswi SMKN 5 Madiun saat upacara bendera hari senin
-Interaksi antara kelompok dengan kelompok
Contoh : OSIS dan Bantara SMKN 5 Mdiun mengadakan rapat untuk membahas MOS
3.      Fungsi interaksi sosial :
·         Menjalin hubungan dengan kedua  belah pihak
·         Bertukar informasi
·         Menambah wawasan ( pengetahuan )
4.      - Positif : seorang ketua RT menkordinasi warganya untuk siskamling setiap malam hari
                        - Negatif : seorang siswa memaksa temannya untuk merokok
5.   -Imitasi : seoarang siswa meniru penampilan seorang bintang film terkenal, seperti    memakai make up berlebihan
-Sugesti : pimpinan partai politik melakukan kampanye di hadapan rakyat, agar memilih partai politiknya
-Identifikasi : budi merelakan tubuhnya diOperasi plastik seperti seorang wanita yang diidolakannya
-Simpati : nina sangat menyukai budi, dia berusaha agar budi suka padanya
-Motivasi : bu Indra menyuruh anak-anak kelas XI AK 2 untuk selalu belajar dengan rajin dan giat setiap hari
-Empati : Anggota OSIS SMKN 5 Madiun melakukan bakti sosial kepada korban gempa di Jogjakart

*  Ulangan harian dilakuakan setelah KD pertama selesai (interaksi sosial dan Proses sosial)
           











Kisi-kisi Materi : Interaksi Sosial
  1. Pengertian interaki sosial
Dilihat dari asal-usulnya interaksi sosial berasal dari bahasa inggris “social interaction” yang mengandung pengertian sebagai saling tindak yang dibangun dipertahankan dan diubah oleh dua orang atau lebih. Hal ini mengisyaratkan bahwa tindakan sosial merupakan unsur utama interaksi sosial. Secara etimologis, interaksi terdiri atas dua kata, yaitu inter berarti berbalas-balasan dan aksi berarti tindakan. Jadi interaksi sosial adalah peristiwa saling berhubungan antara dua pihak atau lebih, baik secara langsung maupun tidak langsung , baik verbal maupun nonverbal.
v  Pengertian interaksi meurut para ahli sosiologi
1.      Kimbal Young
Interaksi sosial adalah sebagai kunci dari semua kehidupan sosial sosial. Maka dari itu jika tidak ada interaksi sosial, tidak mungkin terdapat kehidupan bersama. Menurutnya interaksi sosial menjadi syarat utama terjadinya aktivitas sosial.
2.      Prof.DR.Soerjono Soekanto
Interaksi sosial sebagai bentuk-bentuk yang tampak, apabila orang-perorangan, atau kelompok-kelompok manusia itu mengadakan hubungan satu dengan yang lain, dengan turutama mengetengahkan kelompok sosial serta lapisan sosial sebagai unsur-unsur pokok dari struktur sosial.
3.      Roucek dan Waren (1963)
Interaksi sosial dirumuskan dengan terlihat adanya aksi dan reaksi, serta mengandung rangsangan dan respons.
v  Dari beberapa devinisi dari para ahli dapat kita ketahui bahwa wujud proses-proses sosial adalah interaksi sosial, karena interaksi sosial itu menjadi syarat utama terjadinya aktivitas-aktivitas sosial. Bentuk interaksi sosial melalui proses-proses sosial yang beraneka ragam yang menyusun unsur-unsur dinamis masyarakat yang melalui tingkah laku yang dikaitkan dengan struktur sosial.
  1. Jenis-jenis Interaksi Sosial
1.      Interaksi antara individu dengan individu
Contoh : seorang siswa menceritakan masalah pribadinya kepada teman sebangkunya
2.      interaksi antara individu dengan kelompok
Contoh :  Kepala sekolah SMKN 5 Madiun memberikan amanat kepada siswa-siswi SMKN 5 Madiun saat upacara bendera hari senin
3.      Interaksi antara kelompok dengan kelompok
Contoh : OSIS dan Bantara SMKN 5 Madiun mengadakan rapat untuk membahas MOS
  1. Ciri-ciri interaksi sosial
·         Ada pelaku yang jumlahnya lebih dari satu orang
·         Ada komunikasi antar pelaku denngan menggunakan simbol-simbol
·         Ada dimensi waktu yang menentukan sifat aksi yang sedang berlangsung
·         Ada tujuan-tujuan tertentu
  1. Faktor-faktor interaksi sosial
1.      Imitasi adalah tindakan sosial meniru sikap, tindakan, tingakah laku, penampilan fisik seseorang secara berlebihan. Imitasi dapat berdampak positif maupun negatif tergantung cara pandang masyarakat umum menilainya.
Contoh ; Seorang anak meniru ayahnya, seorang siswa meniru gaya bicara gurunya
2.      Identifikasi adalah proses interaksi sosial berupa upaya menyamai orang lain atau imitasi yang lebih dalam, artinya bukan saja perilaku yang ditiru tetapi sudah mengarah ke kejiwaan
Contoh : Seorang murid mengagumi gurunya sehingga dia mengidentifikasi gurunya bahkan dia bercita-cita ingin menjadi guru yang seperti dikaguminya
3.      Sugesti adalah rangsangan yang diberikan oleh seseorang  kepada orang lain dengan cara mempengaruhi segi kejiwaan
Contoh ; Bung Tomo mengobarkan semangat arek-arek Surabaya untuk mengusir Inggris
4.      Motivasi adalah dorongan yang timbl pada diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu
Contoh : orang tua memberikan Motivasi kepada anaknya agar anaknya belajar lebih baik , dan apabila anaknya bisa memperoleh juara atau ranking dia akan diberi hadiah sepeda baru
5.      Simpati adalah proses kejiwaan seseorang yang merasa tertarik kepada seseorang atau sekelompok orang karena sikap, penampilan, perilaku, tindakan, kewibawaan, kepandaian, dll.
Contoh ; seorang laki-laki mendekati perempuan
6.      Empati adalah perasaan ikut mengalami, misalnya melihat orang jatuh ikut merasakan sakit . melihat orang meninggal ikut merasakan kehilangan,iba dan haru




·          
Share this article :

No comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Blog DaSaBHuMi - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger