Pages

Home » , , » CONTOH RPP SMK Sosialisasi sebagai pembentuk Kepribadian

CONTOH RPP SMK Sosialisasi sebagai pembentuk Kepribadian

RPP : Sosialisasi sebagai pembentuk Kepribadian

Sekolah                       : SMK NEGERI 5 MADIUN
Kelas/Semestar            :  Kls XI/ smt 1
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Sosial
Pertemuan                   : 1 x 2 jam (@45 menit)
Standar Kompetensi   : Memahami Kehidupan Sosial Manusia
Kompetensi dasar       :Mendiskripsikan sosialisasi sebagai proses pembentukan kepribadian

A.    Indikator
a.       Konten/produk
1.      Mendiskripsikan pengertian sosialisasi
2.      Mendiskripsikanmacam-macam media sosialisasi
3.      Mendiskripsikan proses pembentukankepribadian
b.      Proses
4.      Menyelidiki secara langsung sosialisasi yang terajadi dilingkungan sekolah
c.       Psikomotor
5.      Membuat paper mengenaisosialisasi yang ada dilingkungan masyarakat
d.      Afektif
6.      Perilaku Berkarakter
Menghargai pendapat, berbagi tugas, partisipasi, mendengarkan, bekerjasama, memberi dukungan
e.       Ketrampilan sosial
7.      Melakuakan komunikasi meliputi diskusi, berpendapat dan tanya jawab

B.     Tujuan pembelajaran
a.       Produk
1.      Siswa mampu mendiskripsikan pengertian sosialisasi menggunakan bahasanya sendiri
2.      Siswa  mampu menunjukkantujuansosialisasi di lingkungansekolah
3.      Siswa mampu menjelaskan proses pembentukankepribadian
b.      Proses
4.      Dengan buku tertutup siswa dapat membuat skema tentang sosialisasi
c.       Afektif
Terlibat dalam KBM yang berpusat pada siswa, siswa dapat menunjukkan sikap menghargai pendapat, berbagi tugas, partisipasi, mendengarkan, bekerjasama, memberi dukungan
d.      Psikomotor
Siswa mampu menganalisis macam-macam media sosialisasi
e.       Ketrampilan sosial
Terlibat dalam KBM yang berpusat pada siswa, siswa dapat melakukan komunikasi meliputi presentasi, bertanya, bekerjasama dan berpendapat
C.     Materi Pembelajaran
-          Pengertian sosialisasi ( daribeberapaahli )
-          Tujuan dari sosialisasi
-          media-media dalam sosialisasi
-          pembentukan kepribadian : pengertian, proses pembentukan, faktor-faktor pembentuk
D.    Metode pembelajaran :
E.     Media pembelajaran : papan tulis



F.      Skenario pembelajaran :

Pembukaan : 20 menit
  1. Guru masuk kelas dengan salam
  2. Guru mengkondisikan kelas
  3. Guru melakukan presensi
  4. Guru memotivasi siswa
  5. Guru mereview materi pertemuan sebelumnya
  6. Guru menggaris papan tulis menjadi dua
7.      Guru menyampaikan materi yang akan dipeajari
Terlaksana /tidak Terlaksana /tidak Terlaksana /tidak
Terlaksana /tidak
Terlaksana /tidak
Terlaksana /tidak
Terlaksana/t5idak

Inti : 60 menit
  1. Guru menuliskan materi yang akan dipelajari yaitu tentang sosialisasi sebagai proses pembentukan kepribadian
  2. Guru menanyakan kepada siswa apa yang diketahui tentang pengertian sosialisasi, jawaban-jawaban yang diutarakan oleh siswa ditulis dipapan tulis
  3. Guru bersama dengan murid membuat definisi tentangsosialisasi
  4. Guru menjelaskan materi dengan media power point mengenai sosialisasi
  5. Guru menanyakan kepada siswa apakah sudah mengerti tentang pengertiansosialisasi, kalau sudah mengerti guru melanjutkan dengantujuandanmacam-macamdalam sosialisasi
  6. Guru menanyakan kepada siswa apakah sudah mengerti tentang tujuan dan macam-macam dalam sosialisasi, jika sudah mengerti guru melanjutkan dengan pengertian kepribadian
  7. Guru menanyakan kepada siswa apa yang diketahui tentangpengertiankepribadian, jawaban-jawaban yang diutarakan oleh siswa ditulis dipapan tulis
8.      Guru bersama siswa menarik kesimpulan dari definisi pengertian kepribadian
9.      Guru melanjutkan materi tentang proses pembentukan kepribadian dan faktor-faktor pembentuk kepribadian
10.  Guru menanyakan kepada siswa materi mana yang belum dimengerti, jika belum ada yang tahu guru mengulang materi mana yang kiranya belum jelas.
Terlaksana/ tidak


Terlaksana/ tidak


Terlaksana/ tidak

Terlaksana/ tidak

Terlaksana/ tidak



Terlaksana/ tidak



Terlaksana/ tidak


Terlaksana/ tidak

Terlaksana/ tidak


Terlaksana/ tidak



Penutup : 10 menit
  1. Guru memberi kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari yaitu tentang “Proses Sosial”
  2. Guru memberi tugas kepada siswa untuk menganalisi bentuk-bentuk akomodasi berdasarkan fakta yang ada.
  3. Salam penutup
Terlaksana/Tidak

Terlaksana/Tidak

Terlaksana/Tidak

G.    Rubrik Assesment
a.       Rubrik assesmen untuk sikap kooperatif
Sifat tugas       : individual
            Nama               :
            Tugas ke          :
No
Aspek
Skor
Nilai
1
Keaktifan bertanya
a. sangat aktif
b. aktif
c. pasif

9-10
6-8
< 5


2
Keaktifan menjawab
a. sangat baik
b. baik
c. kurang

9-10
6-8
< 5


3
Menghargai pendapat org lain
a. sangat baik
b. cukup
c. kurang

9-10
6-8
< 5




4
Tanggung jawab
a. sangat baik
b. cukup
c. kurang

9-10
6-8
< 5


b.      Petunjuk: Rubrik assesmen paper
Sifat tugas       : kelompok
      Nama               :
Tugas ke          :
No
Aspek Penilaian
Indikator
Penilaian
Sangat baik
baik
kurang
1.
Pemahaman
Tingkat pemahaman siswa terhadap tugas yang dikerjakan



2.
Argumentasi
Alasan yang diberikan siswa dalam menjelaskan persoalan dalam tugas yang dikerjakan



3.
Kejelasan
a.    Tersusun dengan baik
b.    Tertulis dengan baik
c.    Mudah dipahami



4.
Informasi
a.    Akurat
b.    Memadai
c.    Penting



Total


Petunjuk:
Sangat Baik            = 9-10
Baik            = 6-8
Kurang        = >5





H.    Kisi-kisi Materi : SosialisasiSebagai Proses PembentukanKepribadian
A.    Sosialisasi
Setiap orang sejak kecil sampai pada akhir hayatnya akan mengalami dan menjalani proses sosialisasi dan pada dasarnya sosialisasi merupakan suatu proses pembentukan kepribadian proses sosialisasi ini tidak berjalan sempurna,juga cenderungakan membentuk  perilaku yang menyimpang ( negatif )
1. PengertianSosialisasi
Sosialisasi yaitu proses umur hidup yang berkenaan dengan bagiamana individu mempelajari cara-cara hidup, norma dan nilai sosial yang terdapat dalam kelompoknya agar dapat berkembang menjadi pribadi yang dapat diterima oleh kelompoknya.
Definisi sosialisasi menurut para ahli antara lain :
·         Charlotte Buhler
Sosialisasi adalah proses yang membantu individu-individu belajar dan menyesuaikan diri, bagaimana cara hidup dan berfikir kelompoknya agar dia dapat berperan dan berfungsi dalam kelompoknya.
·         Bruce j. Cohen
Sosialisasi yaitu proses-proses manusia mempelajari tata cara kehidupan dalam masyarakat untuk memperolehkepribadian dan membangun kapasitasnya agar berfungsi dengan baik sebagai individu maupun sebagai anggota suatu kelompok
·         David F. aberle
Sosialisasi yaitu pola-pola mengenai aksi social, atau aspek-aspek tingkah laku, yang menanamkan pada individu ketrampilan- ketrampilan, motif-motif dan sikap-sikap yang perlu untuk menampilkjan peranan-peranan yang sekarang atau yang tengah di antisipasikan sepanjang kehidupan manusia, sejauh peranan baru masih harus terus dipelajari
2.  TujuanSosialisasi
·         Memberi ketrampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk melangsungkan kehidupan seseorang kelak ditengah-tengah masyarakat tempat dia menjadi salah satu anggotanya
·         Menambah kemampuan berkomunikasi secara efektif dan efisien serta mengembangkan kemampuannya untuk membaca, menulis dan bercerita.
·         Membantu pengendalian fungsi-fungsi organik yang dipelajari melalui latihan-latihan mawas diri yang tepat
·         Membiasakan inividu dengan nilai-nilai dan kepercayaan pokok yang ad pada masyarakat
3.      Media Sosialisasi
Didalam masyarakat terdapat berbagai macam sosialiasasi. Dan media sosialisasi ini sangat berpengaruh terhadap proses pembentukan kepribadian. Media sosialisasi antara lain :
a)      Keluarga
Keluarga merupakan medi sosialisasi yang pertama dan utama dalam media sosialisasi. Dalam keluarga juga dapat berdampak positif dan negatif. Misalnya : keluarga yang tidak harmonis, seperti sering cekcok, bercerai orang tuanya atau orang tua kurang memberi perhatian, perlindungan dan kasih sayang. Dampaknya akan membuat kehidupan anak-anak akan menderita, tertekan dan merasa tidak aman ( negatif )
b)      Teman Sepermainan
Teman sepermainan atau teman sebaya juga merupakan media sosialisasi yang cukup berpengaruh terhadap proses pembentukan kepribadian. Disini teman sepermainan berperan penting. Karena biasanya para remaja lebih memihak temannya daripada orang tuanya. Sehingga pengaruh negatif dan positif lebih banyak diterima.
c)      Sekolah
Lingkungan sekolah merupakan media sosialisasi sekunder yang penting dalam pembentukan kepribadian. Suasana pendidikan formal yang kurang kondusif, seperti kurikulum dan mata pelajaran yang terlalu banyak, pemilihan jurusan atau program pendidikan yang tidak tepat, kepribadian dan cara guru mengajar yang kurang bijaksana, otoriter, gaya mengajar guru yang membosankan, serta sarana prasarana belajar yang kurang memadai, semuanya berpengaruh terhadap pembentukan kepribadian (dari segi negative daan positif).
d)     Tempat Pekerjaan
Tempat pekerjaan juga merupakan media sosialisasi yang sangat penting dalam proses pembentukan kepribadian. Hal ini terjadi karena suasana tempat kerja, jenis, beban pekerjaan, jabatan, dan gaji yang kurang kondusif. Merupakan salah satu penyebab timbulnya kekecewaan, ketidakpuasan atau stress pada pekerja. ( Negatif )


e)      Masyarakat Umum
Masyarakat umum merupakan media sosialisasi sekunderyang cukup dominan pengaruhnya terhadap pembentukan kepribadian. Nilai-nilai dan norma-norma social yang berlaku dimasyarakatbegitu banyak dan bervariasi. Hal itu yang menyebabkan masyarakat berbeda satu sama yang lainnya
f)       Media massa
Media massa sangat berpengaruh terhadap pembentuk kepribadian, walaupun dapat berdampak positif maupun negatif
C.  Pembentukan Kepribadian
      Kepribadian adalah corak kebiasaan yang terhimpun dalam diri dan digunakan untuk bereaksi dan menyesuaikan diri terhadap segala rangsangan, baik yang datang dari dalam maupun dari luar.
1.      Pengertian Kepribadian dari para ahli :

·         M.A.W. Broarer
Kepribadaian adalah corak tingkah laku sosial yang meliputi corak kekuatan, dorongan keinginan, opini dan sikap-sikap seseorang
·         Theodore R Newcombe
Kepribadian adalah organisasi sikap-sikap ( predispositions ) yang dimiliki seseorang sebagai latar belakang terhadap perilaku
·         Yinger
Kepribadian adalah keseluruhan perilaku dari seorang individu dengan sistem kecenderungan tertentu yang berinteraksi dengan serangkaian situasi

Susunan kepribadian
a)      Pengetahuan
b)      Perasaaan
c)      Dorongan Naluri :
o   Dorongan untuk mempertahankan hidup
o   Dorongan seksual
o   Dorongan untuk mencari makan
o   Dorngan untuk bergaul dan berinteraksi dengan sesama manusia
o   Dorongan untuk meniru tingkah laku sesamanya
o   Dorongan untuk berbakti
2.      Proses pembentukan Kepribadian
·         Fungsi dari Kepribadian dari JUNG :
o   Kepribadian Rasional : kepribadian yang dipengaruhi oleh akal pikiran sehat
o   Kepribadian intuitif : kepribadian yang dipengaruhi oleh firasat ( perasaan kira-kira)
o   Kepribadian emosional : kepribadian yang dipengaruhi oleh perasaan
o   Kepribadian sensitif : kepribadian yang dipengaruhi oleh panca indra ( reflek )
·         Reksi terhadap lingkungan dibagi menjadi 3 yaitu :
o   Kepribadian extrovert : kepribadian yang terbuka, berorientasi keluar, sifat ramah, suka bergaul, dan mudah menyesuaikan diri
o   Kepribadian itrovert : kepribadian yang tertutup klan pada diri sendiri, sehingga sifatnya pendiam, tidak senang bergaul, suka menyendiri dan sukar menyesuaikan diri
o   Kepribadian ambivert : kepribadian campuran ( keduanya )

3.      Faktor-faktor pembentuk kepribadian :
·         Warisan Biologis
Faktor keturunan mempengaruhi terhadap keramah-tamahan dalam pergaulan sosial
Ex : sesorang yang memiliki bakat melukis belum tentu menjamin bahwa ia akan menjadi seorang pelukis. Dan untuk menjadi seorang pelukis, bakatnya harus dilatih dan dikembangkan
·         Warisan lingkungan alam
Perbedaan iklim,topografi, SDA menyebabkan manusia harus menyesuaikan diri terhadap alam.
Ex : kebudayaan suku eskimo di kutub utara berbeda dengan kebudayaan suku Dani yang hidup di tengah hutan tropis di Irian jaya
·         Warisan sosial
Kebudayaan dapat memanfaatkan alam
Ex : mengubah air terjun menjadi tenaga penggerak listrik ( PLTA )
·         Kelompok manusia
Kehidupan manusia selalu dipengaruhi oleh kelompoknya

Ex ; keluarga, tetangga,teman sepermainan, sekolah

4.      Tahap-tahap Sosialisasi
Menurut George Herbet Mead :
·         Tahap persiapan ( Preparatory stage )
Tahap ini dilakukan saat manusia dilahirkan, saat seseorang mempersiapkan diri untuk mengenal dunia sosialnya
Ex : ibu mengajarkan anak balitanya dengan kata-kata MAKAN.
·         Tahap Meniru ( Play Stage )
Tahap ini semakin sempurnanya seorang anak menirukan peran-peran yang dilakukan orang dewasa.
Ex : meniru kakaknya yang sedang bicara
·         Tahap siap bertindak ( game stage )
Tahap meniru sudah mulai berkembang dan digantikan oleh peran yang secara langsung dimainkan sendiri dengan penuh kesadaran
Ex : menaati peraturan dan tata tertib sekolah. Tata tertib berlalu lintas
·         Tahap Penerimaan Norma Kolektif ( Generalized Stage )
Pada tahap ini seorang manusia telah dianggap dewasa.

















KISI-KISI MATERI

1.      Media sosialisasi yang pertama bagi seorang individu sejak lahir adalah  ...............
a)      Keluarga
b)      Teman bermain
c)      Sekolah
d)     Media cetak
e)      Media elektronik
2.      Sosialisasi melalui media massa seperti TV, berdampak negatif dan positif. Dampak positif misalnya ialah meningkatkan  .............
a)      Pengetahuan
b)      Sikap kekerasan
c)      Sikap brutal
d)     Sikap konsumtif
e)      Sikap pergaulan bebas
3.      Masuknya informasi melalui film dan buku-buku bacaan mempengaruhi sikap remaja. Hal ini merupakan pemahaman nilai pada media sosialisasi ..........
a)      Keluarga
b)      Media massa
c)      Media pendidikan
d)     Teman bergaul sebaya
e)      Teman
4.      Media sosialisasi paling primer adalah .........
a)      Play group
b)      Sekolah
c)      Tempat kerja
d)     Media massa
e)      Keluarga
5.      Faktor yang mempengaruhi kepribadian seseorang meliputi hal-hal berikut, kecuali ...........
a)      Warisan biologis
b)      Warisan sosial
c)      Keadaan alam
d)     Kelompok manusia
e)      Tindakan sosial
6.      Tahap seorang anak menirukan peran-peran yang dilakukan oleh orang dewasa dinamakan .......
a)      Play stage
b)      Preparatory stage
c)      Game stage
d)     Generalized other
e)      Labeling


7.      Ketika menyaksiskan siaran langsung sepak bola melalui televisi, berarti kita sedang melakukan sosialisasi melalui media .......
a)      Keluarga
b)      Teman sepermainan
c)      Sekolah
d)     Masyarakat
e)      Media massa
8.      Penampilan seorang guru berbeda dengan penampilan seorang artis atau aktor. Perbedaan ini sedikit banyak dipengaruhi oleh .............
a)      Pembawaan
b)      Tabiatnya
c)      Lingkungan keluarganya
d)     Lingkungan kerjanya
e)      Latar belakang pendidikan
9.      Tahap yang dialami sejak manusia dilahirkan saat seorang anak mempersiapkan diri untuk mengenal dunia sosialnya, merupakan tahap sosialisasi ............
a)      Play stage
b)      Game stage
c)      Generalized stage
d)     Preparatory stage
e)      Instink
10.  Media sosialisasi yang dapat berperan lebih lama dan bahkan dapat lebih besar, pengaruhnya karena melibatkan hubungan sederajat adalah .........
a)      Sekolah
b)      Teman bermain
c)      Keluarga
d)     Organisasi kepemudaan
e)      Media cetak





Soal essai :
1.      Bagaimanakah pengertian sosialisasi menurut bahasa anda sendiri?
2.      Sebutkan 3 ( tiga ) tujuan sosialisasi!
3.      Jelaskan pengertian kepribadian menurut anda!
4.      Faktor apa yang termasuk faktor pembentuk kepribadian? Beri contohnya!
5.      Menurut George Herbet Mead, sosialisasi dapat melalui tahap-tahap apa saja? Jelaskan!
























Kunci Jawaban
I.                   Obyektif

1. A
2. A
3. B
4. E
5. E
6. A
7. E
8. E
9. D
    10.  B

II.                Subyektif
1.      Sosialisasi adalah proses seumur hidup yang berkenaan dengan bagaimana setiap individu mempelajari cara-cara hidup, norma dan nilai sosial yang terdapat didalm lingkungan kelompoknya agar dapat berkembang menjadi pribadi yang diterima oleh kelompoknya
2.      Tujuan Sosialisasi :
·         Memberi ketrampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan seseorang
·         Menambah kemampuan berkomunikasi secara efektif dan efisien
( di sisi lain membaca, menulis dan bercerita )
·         Membantu pengendalian fungsi-fungsi organik yang dipelajari melalui latihan mawas diri yang tepat
·         Membiasakan individu dengan nilai-nilai dan kepercayaan pokok yang ada pada masyarakat
3.      Kepribadian adalah corak kebiasaan yang terhimpun dalam diri dan digunakan untuk bereaksi dan menyesuaikan diri terhadap segala rangsangan, baik yang datang dari dalam maupun dari luar.
4.      Faktor-faktor pembentuk kepribadian :
·         Warisan Biologis
Faktor keturunan mempengaruhi terhadap keramah-tamahan dalam pergaulan sosial
Ex : sesorang yang memiliki bakat melukis belum tentu menjamin bahwa ia akan menjadi seorang pelukis. Dan untuk menjadi seorang pelukis, bakatnya harus dilatih dan dikembangkan
·         Warisan lingkungan alam
Perbedaan iklim,topografi, SDA menyebabkan manusia harus menyesuaikan diri terhadap alam.
Ex : kebudayaan suku eskimo di kutub utara berbeda dengan kebudayaan suku Dani yang hidup di tengah hutan tropis di Irian jaya
·         Warisan sosial
Kebudayaan dapat memanfaatkan alam
Ex : mengubah air terjun menjadi tenaga penggerak listrik ( PLTA )
·         Kelompok manusia
Kehidupan manusia selalu dipengaruhi oleh kelompoknya

Ex ; keluarga, tetangga,teman sepermainan, sekolah
5.      Tahap-tahap sosialisasi :

a.       Tahap persiapan ( Preparatory stage )
Tahap ini dilakukan saat manusia dilahirkan, saat seseorang mempersiapkan diri untuk mengenal dunia sosialnya
Ex : ibu mengajarkan anak balitanya dengan kata-kata MAKAN.
b.      Tahap Meniru ( Play Stage )
Tahap ini semakin sempurnanya seorang anak menirukan peran-peran yang dilakukan orang dewasa.
Ex : meniru kakaknya yang sedang bicara
c.       Tahap siap bertindak ( game stage )
Tahap meniru sudah mulai berkembang dan digantikan oleh peran yang secara langsung dimainkan sendiri dengan penuh kesadaran
Ex : menaati peraturan dan tata tertib sekolah. Tata tertib berlalu lintas
d.      Tahap Penerimaan Norma Kolektif ( Generalized Stage )
Pada tahap ini seorang manusia telah dianggap dewasa.
Ex : mengenal antara yang benar dan yang salah di dalm kehidupan. Dan menerapkannya di dalm hidupnya



KISI-KISI PENILAIAN :

I.                   Untuk soal obyektif/ pilihan ganda : dijawab benar skor: 5, salah skor: 0
dan tidak dijawab  skor :0
II.                Untuk soal subyektif/ uraian : dijawab benar skor : 10, salah skor : 5 dan tidak dijawab skor: 0

STANDAR KELULUSAN

Siswa dinyatakan LULUS jika memperoleh nilai ≥ 65 % atau nilai 65 dari skor total








Share this article :

No comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Blog DaSaBHuMi - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger