PERANGKAT
PEMBELAJARAN
PANDUAN
PENGEMBANGAN
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
|
||||
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : …………………………………….
Mata
Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas :
IX / I
Standar
Kompetensi : Mendengarkan
1. (Mengapresiasi pementasan
drama).
Kompetensi
Dasar : 1.1
Mengevaluasi pemeranan tokoh dalam pementasan drama
Alokasi
waktu : 4 x 40 menit
A.
Tujuan Pembelajaran
1.
Peserta didik mampu menentukan karakter
tiap tiap tokoh
2.
Peserta didik mampu mengevaluasi
pemeranan tokoh berdasarkan karakter yang seharusnya diperankan dengan alasan
yang logis.
· Karakter siswa yang diharapkan
: Dapat dipercaya (Trustworthines)
Rasa Hormat dan perhatian (respect)
Tekun (diligence)
Tanggung jawab (responsibility)
B.
Materi Pembelajaran
1.
Cara mengevaluasi pemeranan tokoh dalam
drama dan implementasi-nya
C.
Metode Pembelajaran
a. Inquiri
b. Diskusi
dan penugasan
c. Tanya
jawab
D.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Pertama :
I.
Kegiatan Awal
·
Apersepsi
1. Guru
menciptakan lingkungan dalam kelas, seperti mengucapkan salam pembuka, sapaan,
berdoa, serta mengabsensi siswa
2. Siswa
mendengarkan informasi dari guru mengenai tema yang akan dipelajari dan
kompetensi dasar yang akan dicapai
3. Guru
dan siswa bertanya jawab tentang pementasan drama
II.
Kegiatan Inti
·
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
1.
Melibatkan peserta didik mencari
informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari
dari aneka sumber.
2.
Menonton rekaman pementasan drama
melalui LCD yang diputar dengan Rasa hormat dan perhatian (respect),
Tekun (diligence), Tanggung jawab (responsibility) serta Ketulusan (honesty).
3.
Mengidentifikasi tokoh dari rekaman
pementasan drama yang telah ditonton secara
dapat dipercaya (Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian (respect), Tekun
(diligence), Tanggung jawab (responsibility), Berani (courage) serta Ketulusan
(honesty).
4.
Menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran,dan sumber belajar lain;
5.
Memfasilitasi terjadinya interaksi antar
peserta didik serta antar peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber
belajar lainnya;
6.
Melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran
7.
Memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di sanggar, aula, atau lapangan.
·
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
1.
Mengidentifikasi tokoh dari rekaman
pementasan drama yang telah ditonton Secara
Dapat dipercaya (Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian (respect), Tekun
(diligence) Serta Tanggung Jawab (responsibility)
2.
Menentukan karakter dari
masing-masing tokoh dari rekaman pementasan drama yang telah ditonton Secara Dapat dipercaya (Trustworthines),
Rasa hormat dan perhatian (respect), Tekun (diligence) Serta Tanggung Jawab
(responsibility)
3.
menunjukkan kelebihan dan
kekurangan pemeran dalam memerankan tokoh Secara
Dapat dipercaya (Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian (respect), Tekun
(diligence) Serta Tanggung Jawab (responsibility)
4.
Mengevaluasi/menanggapi/mengomentari
pemeran dalam rekaman pementasan yang telah ditonton disertai alasan yang logis
kedalam beberapa kalimat singkat Secara
Dapat dipercaya (Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian (respect), Tekun
(diligence) Serta Tanggung Jawab (responsibility)
·
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
1. Memberikan
umpan balik posotif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
2. Memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
3. Memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
4. Memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø Berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø Membantu
menyelesaikan masalah;
Ø Member
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø Memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø Memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
III.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru :
Þ Bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
Þ Melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram
Þ Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
Þ Siswa
diberi tugas untuk mengevaluasi pementasan drama yang akan dipentaskan di
sekolah
Þ Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
E.
Sumber Belajar / Alat / Bahan
1. Sumber belejar :
Nurhadi,dkk. 2007. Bahasa Indonesia
untuk SMP kelas VIII. Malang: Penerbit Erlangga
2. Alat :
1. Laptop
2. LCD
3. Sound
3. Bahan :
1.
Video pementasan drama
F.
Penilaian
a.
Penilaian proses
Merupakan penilaian yang berfokus pada
keaktifan siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Penilaian proses ini
merupakan penilaian secara kelompok dan individu.
b.Penilaian hasil
Untuk menilai kemampuan siswa dalam
mengevaluasi pemeran tokoh dalam pementasan drama dengan alasan yang logis.
Penilaian hasil ini merupakan penilaian secara kelompok dan individu.
c. Rubrik penilaian :
1.
Penilaian Proses
NO
|
Nama
Siswa
|
Aspek
yang dinilai
|
Total
Skor
|
Nilai
|
|||||||||||
Keseriusan
|
Aktif
Bertanya
|
Aktif
Berpendapat
|
Aktif
dalam kelas
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||||
2.
Rubrik Penilaian Hasil
NO
|
Aspek
yang dinilai
|
Skor
|
Skor
Maksimal
|
Keterangan
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
Ketepatan
mengidentifikasi tokoh
a. Tepat
b. Cukup tepat
c. Kurang tepat
d. Tidak tepat
Ketepatan menentukan
karakter
masing-masing tokoh
a. Tepat
b. Cukup tepat
c. Kurang tepat
d. Tidak tepat
Ketepatan menunjukkan
kelebihan dan
kelemahan
pemeran dalam memerankan
tokoh
a. Tepat
b. Cukup tepat
c. Kurang tepat
d. Tidak tepat
Ketepatan dalam
mengevaluasi
pemeran dalam pementasan
drama dengan disertai
alasan
yang logis
a. Tepat
b. Cukup tepat
c. Kurang tepat
d. Tidak tepat
Penampilan
empresentasikan
hasil diskusi
kelompok
a. Baik
b. Cukup baik
c. Kurang baik
d. Tidak baik
|
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
|
4
4
4
4
4
|
|
Jumlah
|
25
|
Nilai
akhir = X 100
=
*Skor
maksimum (25)
Mengetahui, Madiun,
………2012
Kepala SMP Negeri…….Madiun Guru
Mapel BHS Indonesia
(…………………………………) (Yulianti Setyaningrum
S.Pd)
NIP / NIK : …………………….. NIP /
NIK : -
No comments:
Post a Comment