SILABUS
NAMA SEKOLAH : SMK NEGERI 5 MADIUN
MATA PELAJARAN : Ilmu Pengetahua Sosial
(IPS)
KELAS/SEMESTER : XI/1
STANDAR
KOMPETENSI : Memahami Kehidupan Sosial
Manusia
KODE KOMPETENSI : A
ALOKASI WAKTU : 10 x 45 menit
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
|||
TM
|
PS
|
PI
|
|||||||
1.1 Mengidentifikasi interaksi sebagai
proses sosial
|
·
Interaksi sosial dijelskan berdasarkan
pengertiannya
·
Proses sosial dijelaskan berdasarkan pengertiannya
·
Interaksi sosial diidentifikasi
menurut syarat-syaratnya
|
·
Pengertian interaksi sosial
·
Pengertian proses sosial
·
Syarat interaksi sosial
|
·
Mengkaji referensi mengenai interaksi
sosial berdasarkan pengertiannya
·
Mengkaji referensi mengenai proses sosial
bedasarkan pengertiannya
·
Berdiskusi kelas tentang syarat
interaksi sosial
|
·
Test lisan
·
Test tertulis
·
Pengamatan
|
1
|
·
Buku-buku sosiologi
·
Buku-buku pegangan sosiologi SLTA
·
Koran
·
Gambar/ kliping
·
Lingkungan sosial sekitar
|
|||
1.2 Mendeskripsikan sosialisasi sebagai
proses pembantukan kepribadian
|
·
Sosialisasi dijelaskan berdasarkan
pengartiannya
·
Sosialisasi diidentifikasi menurut
media yang dilalui
·
Pembentukan kepribadian dideskripsikan
menurut faktor-faktor yang mempengaruhinya
|
·
Pngertian sosialisasi
·
Mediaa sosialisasi
·
Faktor-faktor yang mempengaruhi
pembentukan kepribadian
|
·
Berdiskusi kelas tentang sosialisasi
berdasarkan pengertiannya
·
Tugas kelompok mengenai sosialisasi
menurut media yang dilalui
·
Berdiskusi tentang pembentukan
keepribadian menurut faktor-faktor yang mempengaruhinya
|
·
Tes lisan
·
Tes tertulis
·
Performansi
·
Pengamatan
·
Portofolio
|
2
|
||||
1.2 mengidentifikasi bentuk-bentik interaksi
sosial
|
·
Interaksi primer diidentifikasi
berdasrkan fenomena sosial di lingkungan sekitar
·
Interaksi sekunder diidentifikasi berdasarkan
fenomena sosial di lingkungan sekitar
|
·
Interaksi primer
·
Interaksi sekunder
|
·
Mengamati tentang interaksi primer
berdasarkan fenomena sosial dilingkungan sekitar
·
Tanya jawab tentang interaksi sekunder
berdasrkan fenomena sosial dilingkunagn sekitar
|
·
Tes lisan
·
Tes tertulis
·
Portofolio
·
pengamatan
|
2
|
||||
NAMA SEKOLAH : SMK NEGERI 5 MADIUN
MATA PELAJARAN : Ilmu Pengetahua Sosial
(IPS)
KELAS/SEMESTER : XI/1
STANDAR
KOMPETENSI : Memahami Proses Kebangkitan
Nasional
KODE KOMPETENSI : B
ALOKASI WAKTU : 10 x 45 menit
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
2.1
Menjelaskan proses perkembangan kolonialisme dan imperialisme barat serta
pengaruh yang ditimbulkannya diberbagai daerah
2.2
menguraikan proses terbentuknya
kesadaran nasional, identitas Indonesia dan pergerakan kebangsaan Indonesia
|
·
Proses perkembangan kolonialisme Barat
dijelaskan berdasarkan pengaruh yang ditimbulkan diberbagai daerah
-Proses terbentuknya kesadaran nasional, identitas
nasional, identitas indonesia dan pergerakan kebangsaan Indonesia
diidentifikasi sesuai dengan corak perjuangannya
|
·
Latar belakang kedatangan orang-orang
Eropa didunia Timur
·
Masuknya kekuatan asing di Nusantara
melalui kongsi perdagangan, perluasan kolonialisme dan imperialisme barat
serta terbentuknya pemerintahan Hindia-Belanda, Sistem Tanam Pakasa, Sistem
Politik Pintu Terbuka dn Politik Etis
·
dampak sosial, ekonomi, politik,, dan
budaya akibat kolonialisme dan imperialisme Barat di Nusanntara
·
perlawanan rakyat dan
kerajaan-kerajaan di Nusantara dalam menentang kolonialisme dan imperialisme
Barat
-faktor-faktor yang melatar belakangi munculnya
pergerakan nasionaldi Indonesia (Faktor internal dan eksternal)
-perkembangan pendidikan dan awal munculnya
kesadaran nasional
-Bentuk dan strategi organisasi pergerakan
nasional indonesia
-gagasan persatuan dan kesatuan bangsa serta
terbentuknya identitas kebangsaan indonesia
|
·
Mendiskusikan Latar belakang
kedatangan orang-orang Eropa didunia Timur
·
Mencari sumber informasi tentang Masuknya
kekuatan asing di Nusantara melalui kongsi perdagangan, perluasan
kolonialisme dan imperialisme barat serta terbentuknya pemerintahan
Hindia-Belanda, Sistem Tanam Pakasa, Sistem Politik Pintu Terbuka dn Politik
Etis
·
Menidentifikasi dampak sosial,
ekonomi, politik, dan budaya akibat kolonialisme dan imperialisme Barat di
Nusanntara
·
Berdiskusi kelas mengenai perlawanan
rakyat dan kerajaan-kerajaan di Nusantara dalam menentang kolonialisme dan
imperialisme
-mendiskusikan faktor-faktor yang melatar
belakangi pergerakan nasional di indonesia (faktor internal dan eksternal)
-mendiskusikan perkembangan pendidikan dan awal
munculnya kesadaran nasional
-menganalisis bentuk dan strategi organisasi
pergerakan nasional Indonesia
-mendiskusikan gagasan persatuan dan kesatuan
bangsa serta terbentuknya identitas kebangsaan Indonesia
|
·
Te tertulis
·
Tes lisan
·
Observasi
·
Performansi
·
Portofolio
|
7
4
|
·
Buku-buku sejarh
·
CD pembelajaran sejarah
·
Slidde peristiwa-peristiwa sejarah
·
Foto-foto tokoh dan peristiwa sejarah
·
Museum
·
Perpustakaan
-
Buku-buku pembelajaran sejarah dan
sumber tercetak lain yang relevan
-
Foto-foto tokoh dan peristiwa sejarah
-
CD pembelajaran sejarah
-
Museum
-
Perpustakaan
|
No comments:
Post a Comment