IMPLEMENTASI KURIKULUM DAN PERMASALAHANNYA
B.
Komponen
Kurikulum
a) Tujuan
Menggambarkan
kualitas manusia yang diharapkan terbina dari suatu proses pendidikan, akan
memberikan petunjuk yang jelas pula terhadap pemilihan isi/bahan ajar, strategi
pembelajaran, media, dan evaluasi
b) Isi
/ materi kurikulum
Merupakan
pengetahuan ilmiah yang terdiri atas fakta, konsep, prinsip, dan keterampilan
yang diperlukan oleh siswa
c)
Srategi Pembelajaran
Merupakan
bagian integral dalam pengkajian tentang kurikulum, berkaitan dengan siasat,
cara atau system penyampaian isi kurikulum.
d)
Evaluasi
komponen
evaluasi ditujukan untuk menilai pencapaian tujuan kurikulum dan menilai proses
implementasi kurikulum secara keseluruhan
C. Landasan Pengembangan Kurikulum
a) Landasan Filosofis, Berkaitan dengan pentingnya filsafat dalam membina dan mengembangkan kurikulum pada suatu lembaga pendidikan. Berdasarkan landasan Filosofis ini ditentukan tujuan pendidikan nasional, tujuan institusional, tujuan bidang studi dan tujuan institusional
b) Landasan Psikologis, memberikan kontribusidalam hal bagaimana kurikulum itu disampaiakn kepada siswa dan bagaimana pula siswa harus mempelajari
c) Landasan Sosiologis, dijadikan sebagai salah satu aspek yang harus dipertimbangkan dalam perkembangan kurikulum kaena pendidikan sel;alu mengandung nilai / norma yang berlaku dalam masyarakat
D. Prinsip Prinsip pengembangan Kurikulum
1. Prinsip Berorientasi : Berkenaan bahwa setiap komponen yang dikembangkan harus mengacu pada tujuan
2. Prinsip Kontinuitas : berkenaan dengan adanya kesinambungan materi pelajaran antar berbagai jenis dan jenjang sekolah serta antar tingkatan kelas
3. Prinsip Fleksibilitas : berkenaan dengan kebebasan yang dimiliki guru dalam mengimplementasikan kurikulum
4. Prisip Integritas : berkenaan dengan mampu membentuk manusia yang utuh
No comments:
Post a Comment