Pages

Home » , , » CONTOH RPP Bahasa Indonesia Untuk SMP "Berita"

CONTOH RPP Bahasa Indonesia Untuk SMP "Berita"

PERANGKAT PEMBELAJARAN
PANDUAN PENGEMBANGAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)


Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Satuan Pendidikan    : SMP/MTs
Kelas/Semester          : VIII / II

Nama Guru                : ……………………………
NIP / NIK                  : …………………………….
Sekolah                       : …………………………….


 
































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                      : …………………………………….
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas                          : VIII / II
Standar Kompetensi  : Mendengarkan
                                      9. Memahami isi berita radio / televisi

Kompetensi Dasar   : 9.1 Menemukan pokok – pokok berita (apa, siapa, mengapa, dimana, kapan, dan bagaimana) yang didengarkan atau ditonton melalui radio / televisi)

Alokasi waktu            : 2 x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran
1.      Peserta didik mampu menemukan pernyataan-pernyataan yang merupakan jawaban pertanyaan pokok-pokok berita.
2.      Peserta didik mampu menuliskan pokok-pokok berita dengan ejaan yang baik dan benar.

·      Karakter siswa yang diharapkan :         Dapat dipercaya (Trustworthines)
                                                                        Rasa Hormat dan perhatian (respect)
                                                                        Tekun (diligence)
                                                                        Tanggung jawab (responsibility)

B. Materi Pembelajaran
1.      Cara menemukan pokok-pokok berita dan implementasinya.

C. Metode Pembelajaran
a.    Tanya jawab
b.    Demonstrasi
c.    Diskusi dan penugasan
d.   Permodelan : Tipe Student teams-Achievement Divisions(STAD)

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama  :
I. Kegiatan Awal
·         Apersepsi
1.      Guru menciptakan lingkungan dalam kelas, seperti mengucapkan salam pembuka, sapaan, berdoa, serta mengabsensi siswa
2.      Siswa mendengarkan informasi dari guru mengenai tema yang akan dipelajari dan kompetensi dasar yang akan dicapai
3.      Guru meminta siswa untuk mengemukakan berita yang hangat dibicarakan saat ini.
4.      Guru mengecek pemahaman siswa tentang pokok-pokok berita.

II. Kegiatan Inti
·         Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1.      Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dari aneka sumber.
2.      Menyimak berita yang dibacakan atau rekaman berita radio/televis dengan Rasa hormat dan perhatian (respect), Tekun (diligence), Tanggung jawab (responsibility) serta Ketulusan (honesty).
3.      Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran,dan sumber belajar lain;
4.      Memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antar peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
5.      Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran

·         Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1.    Mencatat pokok-pokok berita (apa, siapa, dimana, kapan, mengapa, dan bagaimana) dengan Rasa hormat dan perhatian (respect), Tekun (diligence), Tanggung jawab (responsibility) serta Ketulusan (honesty).
2.    Menentukan pokok-pokok berita dengan Rasa hormat dan perhatian (respect), Tekun (diligence), Tanggung jawab (responsibility) serta Ketulusan (honesty).
3.    Menuliskan pokok-pokok berita dengan ejaan yang benar dengan Rasa hormat dan perhatian (respect), Tekun (diligence), Tanggung jawab (responsibility) serta Ketulusan (honesty).
4.    Memberi kuis /pertanyaan kepada seluruh Peserta didik. Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling membantu. Secara Dapat dipercaya (Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian (respect), Tekun (diligence) Serta Tanggung Jawab (responsibility)

·         Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1.    Memberikan umpan balik posotif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
2.    Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
3.    Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
4.    Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  Membantu menyelesaikan masalah;
Ø  Member acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum bisa menuliskan kembali isi berita

III. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru :
Þ  Bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
Þ  Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
Þ  Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
Þ  Peserta didik diberikan pekerjaan rumah menuliskan pokok-pokok berita yang didengar di radio/televisi dengan memilih salah satu topik.
Þ  Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

E. Sumber Belajar / Alat / Bahan
1.      Sumber belejar :
Nurhadi,dkk. 2007. Bahasa Indonesia untuk SMP kelas VIII. Malang: Penerbit Erlangga

2.      Alat :
1.      Laptop
2.      LCD
3.      Sound

3.   Bahan :
1.      Kutipan berita
2.      Berita radio/televisi


F. Penilaian
a. Penilaian proses
Merupakan penilaian yang berfokus pada keaktifan siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Penilaian proses ini merupakan penilaian secara kelompok dan individu.


 b.Penilaian hasil
Penilaian hasil ini merupakan penilaian secara kelompok dan individu.





c. Rubrik penilaian :
1. Penilaian Proses
NO
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Total Skor
Nilai
Keseriusan
Aktif Bertanya
Aktif Berpendapat
Aktif dalam kelas
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3


















2. Rubrik Penilaian Hasil
     I.     Kemukakan secara lisan pokok-pokok berita yang terdapat dalam berita yang kamu dengar?
Aspek yang dinilai
SKOR
Siswa menentukan pokok-pokok berita
a. Apa
b. Siapa
c. Mengapa
d. Dimana
e. Kapan
f. Bagaimana

1
1
1
1
1
1
Jumlah
6








II.     Tulislah pokok-pokok berita dengan singkat dan ejaan yang benar
Aspek yang dinilai
SKOR
Siswa menulis pokok – pokok berita
1.    5 W + I H
2.    Ejaan
a.    Tidak ada kesalahan Ejaan
b.    Terdapat 1 – 3 kesalahan Ejaan
c.    Terdapat lebih dari 4 kesalahan Ejaan
3.    Pilihan kata (diksi)
a.    Diksi tidak ada kesalahan
b.    Diksi terdapat 1 -3 kesalahan
c.    Diksi terdapat lebih dari 4 kesalahan

6

3
2
1
3
2
1
Jumlah
12


Nilai akhir =    X   100 =

*Skor maksimum (18)





              Mengetahui,                                                                   Madiun, ………2012
Kepala SMP Negeri…….Madiun                                           Guru Mapel BHS Indonesia


(…………………………………)                                          (Yulianti Setyaningrum S.Pd)

NIP / NIK : ……………………..                                           NIP / NIK :  -
Share this article :

No comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Blog DaSaBHuMi - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger