Pages

Home » , , » CONTOH RPP SMK Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial

CONTOH RPP SMK Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial

RPP MPK SMK: Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial

Sekolah                : SMK Negeri 5 Madiun
Kelas/ Semester    : XI/ 1
Mata Pelajaran     : IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)
Pertemuan            : 1 x 90 TM
Standar Kompetensi
1.2. Memahami kehidupan social manusia
Kompetensi Dasar
1.3. Mengidentifikasi Bentuk- bentuk Interaksi Sosial
A. Indikator
Kognitif
Konten (Produk)
1.     Mendeskripsikan bentuk-bentuk dari Interaksi Sosial
2.     Mendeskripsikan interaksi primer dan interaksi sekunder
3.     Mengidentifikasi Interaksi primer berdasarkan fenomena social di masyarakat
4.     Mengidentifikasi interaksi sekunder berdasarkan fenomena social di masyarakat
Proses
5.     Menyelidiki adanya bentuk-bentuk dari interaksi social di masyarakat
6.     Menyelidiki adanya interaksi primer dan sekunder di masyarakat
Perilaku berkarakter (afeksi)
7.     Aktif bertanya, aktif menjawab, menggunakan bahasa yang sopan, dan dapat berargumen
Psikomotor
8.     Membuat laporan kelompok.
Keterampilan Sosial
9.     Diskusi, presentasi, bertanya, dan berpendapat
B. Tujuan Pembelajaran
Konten (produk)
1.     Diberikan penjelasan tentang pengertian bentuk-bentuk interaksi social, siswa mampu mendeskripsikan bentuk-bentuk dari interaksi social
2.     Diberikan penjelasan tentang interaksi primer dan sekunder, siswa mampu mendeskripsikan perbedaan interaksi primer dan interaksi sekunder
3.     Diberikan penjelasan tentang interaksi primer berdasarkan fenomena social di masyarakat, siswa mampu mengetahui fungsi dari interaksi primer
4.     Diberikan penjelasan tentang interaksi sekunder, siswa mampu fungsi dari interaksi sekunder
Proses
5.     Diberikan penjelasan, siswa mengetahui bagaimana bentuk-bentuk interaksi sosial berlangsung di masyarakat
6.     Diberikan penjelasan, siswa mengetahui tentang bagaimana interaksi primer dan sekunder berlangsung di masyarakat
Perilaku berkarakter (afektif)
7.     Terlibat dalam KBM yang berpusat pada siswa, siswa dapat menunjukkan sikap aktif bertanya, aktif menjawab, menggunakan bahasa yang sopan, dan mampu berargumen. Penilaian minimal di rubric penilaian a.
Psikomotor
8.     Setelah mendapat penjelasan tentang Bentuk-Bentuk Interaksi social, siswa mampu melakukan diskusi berpasangan dan membuat laporan kelompok. Penilaian minimal di rubric assesmen b.
Ketrampilan Sosial
9.     Terlibat dalam metode the power of two, siswa mampu menjawab pertanyaan yang diberikan pada saat berlangsungnya kegiatan. Penilaian minimal di rubric assesmen a.
C. Materi Pembelajaran
·        Bentuk-bentuk Interaksi Sosial
·        Pengertian interaksi primer
·        Pengertian interaksi sekunder
·        Interaksi primer berdasarkan fenomena social di masyarakat
·        Interaksi sekunder berdasarkan fenomena social di masyarakat
D. Metode Pembelajaran
Model pembelajaran: 1. Ceramah bervariasi
                                      2. metode pembelajaran the power of two
E. Langkah-langkah kegiatan
a. Pendahuluan 5 menit
1. Guru masuk, memberi salam, dan pasang muka menyenangkan, serta menanyakan kabar siswa.
2. Guru melakukan presensi kelas dan mengkondisikan kelas.
3. Guru memotivasi siswa dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
Terlaksana/ tidak terlaksana. *)


Terlaksana/ tidak terlaksana. *)

Terlaksana/ tidak terlaksana. *)

b. Kegiatan inti 75 menit
4.  Guru menjelaskan tentang bentuk-bentuk interaksi social.
5. Guru menjelaskan tentang contoh interaksi primer dan sekunder di masyarakat.
6. Guru memberi kesempatan siswa untuk menanyakan materi yang belum dimengerti.
7. Guru menginstruksikan siswa utuk berpasang-pasangan dengan teman sebangkunya.
8. Guru menginformasikan kepada masing-masing pasangan, untuk membuat 2 pertanyaan.
9. kemudian dari pertanyaan masing-masing pasangan ditukar ke kelompok lain untuk dijawab.
10. Setelah selesai, masing-masing kelompok mempresentasikannya untuk dinilai oleh kelompok asli.
11. Guru memimpin jalannya diskusi, dan menginstruksikan dilakukannya Tanya jawab.
Terlaksana/ tidak terlaksana. *)

Terlaksana/ tidak terlaksana. *)


Terlaksana/ tidak terlaksana. *)


Terlaksana/ tidak terlaksana. *)


Terlaksana/ tidak terlaksana. *)


Terlaksana/ tidak terlaksana. *)


Terlaksana/ tidak terlaksana. *)


Terlaksana/ tidak terlaksana. *)

c. Penutup 10 menit
12. Guru bersama-sama siswa menyimpulkan materi
13. Guru menutup pelajaran dan mengucapkan salam
Terlaksana/ tidak terlaksana. *)

Terlaksana/ tidak terlaksana. *)



Keterangan: *) : coret salah satu
E. Evaluasi
1. Bentuk penilaian individu
Tagihan: Sikap kooperatif siswa selama pembelajaran berlangsung
Rubric penilaian : Rubrik assesmen a.
2. Bentuk penilaian: kelompok
Tagihan: laporan hasil diskusi kelompok
Rubric penilaian: rubric assesmen b

F. Rubric Penilaian
a. Rubric assesmen untuk sikap kooperatif siswa (afektif)
      Sifat tugas: individu
      Nama :
      Tugas ke:
No
Ketrampilan kooperatif
Penilaian
Sangat Baik
Baik
Kurang
1
Aktif bertanya



2
Aktif menjawab



3
Bahasa yang digunakan



4
Aktif berargumen



Jumlah

Keterangan: *) coret salah satu
Petunjuk:
Sangat Baik   = 9-10
Baik                  = 6-8
Kurang            = >5
Nilai = Skor total
                        4
a.       b. Rubric assesmen untuk metode The Power of two
Sifat Tugas : kelompok
Nama               :
Tugas ke          :
No
Aspek Penilaian
Indikator
Penilaian
Sangat baik
baik
kurang
1.
Pemahaman
Tingkat pemahaman siswa terhadap tugas yang dikerjakan



2.
Argumentasi
Alasan yang diberikan siswa dalam menjelaskan persoalan dalam tugas yang dikerjakan



3.
Kejelasan
a.    Tersusun dengan baik
b.    Tertulis dengan baik
c.    Mudah dipahami



4.
Informasi
a.    Akurat
b.    Memadai
c.    Penting



Total

Petunjuk:
Sangat Baik     = 9-10
Baik                 = 6-8
Kurang            = >5
Nilai = Jumlah Total
                        4
Daftar Pustaka
Suprijono, Agus, 2009, Cooperative Learning: Teori & Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Tim MGMP IPS Kota Madiun:Modul IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) untuk SMK, Madiun: Utama Inti Media
Cahyani, S. Pd. dkk, 2010, Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SMK kelas X, Bandung: HUP


KISI-KISI MATERI
1.     Interaksi Primer
          Interaksi primer adalah proses interaksi social yang berlangsung di lingkungan keluarga dan teman sebaya. Melalui interaksi primer anak dapat mengenal dirinya sendiri, orang tuanya, saudara-saudaranya serta teman-temannya.
          Melalui interaksi social di lingkungan keluarga, seorang anak mengenal dan memahami nilai norma yang berlaku di lingkungan keluarganya, yang harus dipatuhi dan dilaksanakannya. Anak itu mulai mengembangkan pola perilaku yang boleh dilakukan dan menghindari perilaku yang melanggar norma.
          Sebagai manusia yang kecil, kadang anak mau tidak mau harus patuh dan tunduk kepada orang tua dan orang dewasa lainnya. Peran orang tua dalam proses interaksi social sangatlah penting dan menentukan. Proses interaksi primer berlangsung secara normal dan wajar  di lingkungan keluarga berpengaruh positif terhadap pembentukan kepribadian anak. Proses interaksi primer yang tidak normal dapat membentuk kepribadian yang menyimpang.
2.     Interaksi sekunder
          Interaksi sekunder adalah proses interaksi social yang dilakukan seseorang di lingkungan masyarakat seperti sekolah, tempat kerja, dan masyarakat umum. Dasar-dasar yang diperoleh dari interaksi primer, merupakan persiapan untuk memasuki interaksi sekunder. Apabila tokoh identifikasi yang berperan dalam interaksi primer adalah orang tua dan saudaranya, maka dalam interaksi sekunder yang berperan antara lain teman sebaya, guru, dan warga masyarakat lainnya.
          Di sekolah siswa mempelajari mempelajari berbagai pengetahuan, keterampilan, nilai-nilai, norma-norma, dan sebagainya yang harus dipahami dan dikembangkan dalam kehidupan bermasyarakat. Misalnya, siswa diajari gurunya tentang tata krama pergaulan, ilmu agama, bahasa, kewarganegaraan, sejarah, ilmu ekonomi, matematika dan sebagainya. Setelah tamat SMK ia akan memasuki lingkungan baru, yaitu lingkungan pekerjaan atau perguruan tinggi.

Evaluasi (Ulangan Harian)

1.     Sebutkan jelaskan bentuk-bentuk dari interaksi social!
2.     Bagaimana agar interaksi primer dan sekunder bisa berjalan dengan sempurna?
3.     Seberapa penting peran orang tua dalam pembentukan kepribadian anak?
4.     Bagaimana cara kamu berinteraksi dengan lingkungan yang baru?

5.     Apa yang akan kamu lakukan jika pendapat orang tuamu tidak sesuai dengan pendapatmu?
Share this article :

No comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Blog DaSaBHuMi - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger