Pages

Home » , , » Kriteria dan Peran Kurikulum

Kriteria dan Peran Kurikulum

IMPLEMENTASI KURIKULUM DAN PERMASALAHANNYA

E.       Kriteri dalam pemilihan materi Kurikulum antara lain :
A.    Dipilih berdsarkan tujuan yang hendak dicapai
B.     dipilih karena dianggap berharga sebagai warisan budaya (positif) dai generasi masa lalu
C.     dipilih karena berguna bagi penguasaan disiplin ilmu
D.    dipilih karena bermanfaat bagi kehidupan manusia
E.     dipilih karena sesuai dengan kebutuhan dan minat anak didik dan kebutuhan masyarakat.


F.       Keberhasilan Guru
Keberhasilan belajar mengajar antara lain ditentukan leh kemampuan kepribadian guru
  1. Guru harus bersikap erbuka dan menyentuh kepribadian siswa
  2. Guru perlu mengembangkan gagasan secara kreatif, memiliki hasrat dan keinginan serta wawasan intelektual yang luas
  3. Guru harus yakin terhadap potensi belajar yang dimiliki oleh siswa
Hal hal yang perlu dikuasai guru
  1. Guru perlu memahami dan menguasai banyak hal agar pelaksanaan pengajaran berhasil
  2. Guru juga harus mau dan mampu menila diri sendiri secara terus menerus dalam kaitannya dengan tingkat keberhasilan dan pelaksanaan pengajarannya

Depdikbud (1980) merumuskan kemampuan yang harus dimiliki seorang guru yaitu :
  1. Kemapuan professional, mencakup :
    1. penguasan materi pelajaran
    2. penguasan landasan dan wawasan kependidikan
    3. penguasan proses kependidikan, keguruan dan pembwelajaran
  2. Kemampuan social
  3. Kemampuan personal :
    1. penampialn sikap
    2. pemahaman, penghayatan dan penampilan nilai yang seyogyanya dimiliki guru
    3. penampilan upaya menjadikan dirinya sebagai contoh bagi siswanya.


G.      Permasalan dibidang Pendidikan
4 Permasalahan pokok di bidang pendidikan yaitu :
1. Kuantitas dan pemerataan kesempatan belajar
2. Kualitas
3. Relevansi
4. Efektivitas dan efisiensi


Adapun permasalahan khusus dalam dunia pendidikan yaitu :
  1. Rendahnya sarana fisik
  2. rendahnya Kualitas guru
  3. rendahnya kesejaheraan guru
  4. rendahnya prestasi siswa
  5. rendahnya kesempatan pemerataan pendidikan
  6. rendahnya relevansi pendidikan dengan kebutuhan
  7. mahalnya pendidikan


Usaha yang dilakukan pemerintah untuk menghadapi masalah pendidikan
  1. solusi sistematik, yakni solusi dengan mengubah sisitem system social yang berkaitan dengan system pendidikan
  2. Solusi teknis, yakni solisi yang menyangkut hal hal teknis yang berkaitan langsung dengan pendidiakan, misalnya untuk menyelesaikan masalah kualitas guru dan prestasi siswa

Usaha mengatasi rendahnya kualitas guru
  1. peningkatan kesejahteraan
  2. membiayai guru melanjutkan kejenjang pendidikan yang lebih tinggi
  3. memberikan berbagai pelatihan terhadap guru


Pedoman yang harus diikuti untuk membuat Implementasi yang berasil sebagai suatu proses perubahan antara lain :
  1. Inovasi dirancang untuk meningkatkan prestasi siswa
  2. Inovasi yang berhasil memerlukan perubahan dalm struktur sekolah tradisional
  3. Inovasi harus diatur dan layak untuk semua guru.


Peran guru dalam proses pembelajaran adalah :
  1. Fasilitator
Memudahkan sisiwa dalam melaksanakan proses pembelajaran, terutama dalam kaitannya dengn penggunaan media dan sumber belajar
  1. Manager
Menciptakan suasana belajar yang memungkinkan siswa dapat belajar secara nyaman melalui pengelolaan kelas yang baik
  1. Demonstrator
Penampilan guru yang menjadi acuan bagi siswanya
  1. Administrator
Guru memungsian penggunaan dokumentasi dan data siswa untuk keperluan pembinaan dan bimbingan
  1. Motivator
Guru harus mampu mendorong, memberi semangat, dan memberi motivasi agar mampu belajar dengan baik dan benar
  1. Organisator
Sebagai organisator peran yang diharapkan pada guru dalam mengorganisasi siswa, baik secara kolompok maupun individual, sehingga tetap terjag koharmonisan diantara siswa
  1. Evaluator
Memiliki kemampuan mengukur ketrcapaian tujuan pembelajaran pada masing masing siswa dan kelompok siswa, serta mampu menggunakan sebagai alat untuk penentuan tindak lanjut


H.      Peran dan Fungsi Kurikulum
3 Peran Kurikulum yang sangat penting :
1. Peran Konservatif
2. Peran Kritis atau evaluatif
3. Peran Kreatif

Bagi siswa kurikulum memiliki 6 fungsi yaiu :
  1. Fungsi penyesuaian
  2. Fungsi pengintagrasian
  3. Fungsi diferensiasi
  4. Fungsi Persiapan
  5. Fungsi pemilian/seleksi
  6. Fungsi diagnostic

I.         Hubungan antara Kurikulum dan Pembelajaran Kurikulum

Sebagai program atau rencana yang diita citakan sedangkan pembelajaran sebagai implementasi dari rencana yang telah ditetapkan. Kurikulum dan pembelajaran merupakan satu kesatuan dimana kurikulum berbicara pada tataran konsep, rancangan. Desain, sedangkan pembelajaran berbicara pada tataran implementasi, proses dan aplikasi.
Share this article :

No comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Blog DaSaBHuMi - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger