IMPLEMENTASI KURIKULUM DAN PERMASALAHANNYA
E.
Kriteri
dalam pemilihan materi Kurikulum antara lain :
A.
Dipilih berdsarkan tujuan yang hendak dicapai
B.
dipilih karena dianggap berharga sebagai warisan budaya
(positif) dai generasi masa lalu
C.
dipilih karena berguna bagi penguasaan disiplin ilmu
D.
dipilih karena bermanfaat bagi kehidupan manusia
E.
dipilih karena sesuai dengan kebutuhan dan minat anak
didik dan kebutuhan masyarakat.
F.
Keberhasilan
Guru
Keberhasilan belajar mengajar
antara lain ditentukan leh kemampuan kepribadian guru
- Guru harus bersikap erbuka dan menyentuh kepribadian siswa
- Guru perlu mengembangkan gagasan secara kreatif, memiliki hasrat dan keinginan serta wawasan intelektual yang luas
- Guru harus yakin terhadap potensi belajar yang dimiliki oleh siswa
Hal hal yang perlu dikuasai guru
- Guru perlu memahami dan menguasai banyak hal agar pelaksanaan pengajaran berhasil
- Guru juga harus mau dan mampu menila diri sendiri secara terus menerus dalam kaitannya dengan tingkat keberhasilan dan pelaksanaan pengajarannya
Depdikbud (1980) merumuskan
kemampuan yang harus dimiliki seorang guru yaitu :
- Kemapuan professional, mencakup :
- penguasan materi pelajaran
- penguasan landasan dan wawasan kependidikan
- penguasan proses kependidikan, keguruan dan pembwelajaran
- Kemampuan social
- Kemampuan personal :
- penampialn sikap
- pemahaman, penghayatan dan penampilan nilai yang seyogyanya dimiliki guru
- penampilan upaya menjadikan dirinya sebagai contoh bagi siswanya.
G.
Permasalan
dibidang Pendidikan
4 Permasalahan
pokok di bidang pendidikan yaitu :
1. Kuantitas dan
pemerataan kesempatan belajar
2. Kualitas
3. Relevansi
4. Efektivitas
dan efisiensi
Adapun permasalahan khusus dalam
dunia pendidikan yaitu :
- Rendahnya sarana fisik
- rendahnya Kualitas guru
- rendahnya kesejaheraan guru
- rendahnya prestasi siswa
- rendahnya kesempatan pemerataan pendidikan
- rendahnya relevansi pendidikan dengan kebutuhan
- mahalnya pendidikan
Usaha yang dilakukan pemerintah
untuk menghadapi masalah pendidikan
- solusi sistematik, yakni solusi dengan mengubah sisitem system social yang berkaitan dengan system pendidikan
- Solusi teknis, yakni solisi yang menyangkut hal hal teknis yang berkaitan langsung dengan pendidiakan, misalnya untuk menyelesaikan masalah kualitas guru dan prestasi siswa
Usaha mengatasi rendahnya kualitas
guru
- peningkatan kesejahteraan
- membiayai guru melanjutkan kejenjang pendidikan yang lebih tinggi
- memberikan berbagai pelatihan terhadap guru
Pedoman yang harus diikuti untuk
membuat Implementasi yang berasil sebagai suatu proses perubahan antara lain :
- Inovasi dirancang untuk meningkatkan prestasi siswa
- Inovasi yang berhasil memerlukan perubahan dalm struktur sekolah tradisional
- Inovasi harus diatur dan layak untuk semua guru.
Peran guru dalam proses
pembelajaran adalah :
- Fasilitator
Memudahkan
sisiwa dalam melaksanakan proses pembelajaran, terutama dalam kaitannya dengn
penggunaan media dan sumber belajar
- Manager
Menciptakan
suasana belajar yang memungkinkan siswa dapat belajar secara nyaman melalui
pengelolaan kelas yang baik
- Demonstrator
Penampilan guru
yang menjadi acuan bagi siswanya
- Administrator
Guru memungsian penggunaan
dokumentasi dan data siswa untuk keperluan pembinaan dan bimbingan
- Motivator
Guru harus mampu
mendorong, memberi semangat, dan memberi motivasi agar mampu belajar dengan
baik dan benar
- Organisator
Sebagai
organisator peran yang diharapkan pada guru dalam mengorganisasi siswa, baik
secara kolompok maupun individual, sehingga tetap terjag koharmonisan diantara
siswa
- Evaluator
Memiliki
kemampuan mengukur ketrcapaian tujuan pembelajaran pada masing masing siswa dan
kelompok siswa, serta mampu menggunakan sebagai alat untuk penentuan tindak
lanjut
H.
Peran dan
Fungsi Kurikulum
3 Peran
Kurikulum yang sangat penting :
1. Peran
Konservatif
2. Peran Kritis
atau evaluatif
3. Peran
Kreatif
Bagi siswa kurikulum memiliki 6
fungsi yaiu :
- Fungsi penyesuaian
- Fungsi pengintagrasian
- Fungsi diferensiasi
- Fungsi Persiapan
- Fungsi pemilian/seleksi
- Fungsi diagnostic
I.
Hubungan
antara Kurikulum dan Pembelajaran Kurikulum
Sebagai program atau rencana yang diita citakan sedangkan pembelajaran
sebagai implementasi dari rencana yang telah ditetapkan. Kurikulum dan
pembelajaran merupakan satu kesatuan dimana kurikulum berbicara pada tataran
konsep, rancangan. Desain, sedangkan pembelajaran berbicara pada tataran
implementasi, proses dan aplikasi.
No comments:
Post a Comment