PERANGKAT
PEMBELAJARAN
PANDUAN
PENGEMBANGAN
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
|
||||
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : …………………………………….
Mata
Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas : VIII
/ 2
Standar Kompetensi : Menulis
1.
Mengungkapkan informasi dalam bentuk rangkuman, teks berita, slogan / poster
Kompetensi
Dasar : 1.1 Menuliskan
slogan / poster untuk berbagai keperluan dengan pilihan kata dan kalimat yang bervariasi, serta
persuasi.
Alokasi
waktu :
2 x 40 menit
A.
Tujuan Pembelajaran
1.
Peserta didik mampu
menunjukan jenis-jenis slogan / poster.
2.
Peserta didik mampu menulis
sloga / poster sesuai dengan konteks.
3.
Peserta didik mampu
menyunting slogan / poster
· Karakter siswa yang diharapkan
: Dapat dipercaya (Trustworthines)
Rasa Hormat dan perhatian (respect)
Tekun (diligence)
Tanggung jawab (responsibility)
B.
Materi Pembelajaran
1.
Penulisan poster
a.
Contoh slogan / poster
b.
Unsur-unsur slogan / poster
c.
Cara penulisan slogan /
poster
d.
Praktik penulisan slogan /
poster
C.
Metode Pembelajaran
a. Inquiri
b. Penugasan
c. Tanya
jawab
d. Demonstrasi
D.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Pertama :
I.
Kegiatan Awal
·
Apersepsi
1. Guru
menciptakan lingkungan dalam kelas, seperti mengucapkan salam pembuka, sapaan,
berdoa, serta mengabsensi siswa
2. Siswa
mendengarkan informasi dari guru mengenai tema yang akan dipelajari dan
kompetensi dasar yang akan dicapai
3. Guru
dan siswa bertanya jawab tentang slogan/poster
II.
Kegiatan Inti
·
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
1.
Melibatkan peserta didik mencari
informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari
dari aneka sumber.
2.
Mengajak Peserta didik melihat / memperhatikan slogan / poster
yang sudah dipersiapkan dengan
Rasa hormat dan perhatian (respect), Tekun (diligence), Tanggung jawab
(responsibility) serta Ketulusan (honesty).
3.
Menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran,dan sumber belajar lain;
4.
Memfasilitasi terjadinya interaksi antar
peserta didik serta antar peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber
belajar lainnya;
5.
Melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran
·
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
1.
Menunjukan jenis-jenis
poster Secara
Dapat dipercaya (Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian (respect), Tekun
(diligence) Serta Tanggung Jawab (responsibility)
2.
Berdiskusi bersama peserta didik membahas bahasa dalam poster
Secara Dapat dipercaya (Trustworthines),
Rasa hormat dan perhatian (respect), Tekun (diligence) Serta Tanggung Jawab
(responsibility)
3.
Menyunting bahasa poster
Secara Dapat dipercaya
(Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian (respect), Tekun (diligence) Serta
Tanggung Jawab (responsibility)
·
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
1. Memberikan
umpan balik posotif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
2. Memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
3. Memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
4. Memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø Berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø Membantu
menyelesaikan masalah;
Ø Memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø Memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø Memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
III.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru :
Þ Bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
Þ Melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram
Þ Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
Þ Peserta
didik diberi tugas untuk membuat slogan/poster.
Þ Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
E.
Sumber Belajar / Alat / Bahan
1. Sumber belejar :
·
Nurhadi,dkk.
2007. Bahasa Indonesia untuk SMP kelas VIII. Malang: Penerbit Erlangga
·
Lembar
Kerja Siswa Bahasa Indonesia
2. Alat :
1.
Laptop
2.
LCD
3. Bahan :
1.
Contoh-contoh Slogan/Poster di
Lingkungan Sekolah, dan Masyarakat
F.
Penilaian
a.
Penilaian proses
Merupakan penilaian yang berfokus pada
keaktifan siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Penilaian proses ini
merupakan penilaian secara kelompok ataupun individu.
b.Penilaian hasil
Untuk menilai kemampuan siswa dalam mengevaluasi
pemeran tokoh dalam pementasan drama dengan alasan yang logis. Penilaian hasil
ini merupakan penilaian secara kelompok dan individu.
c. Rubrik penilaian :
1.
Penilaian Proses
NO
|
Nama
Siswa
|
Aspek
yang dinilai
|
Total
Skor
|
Nilai
|
|||||||||||
Keseriusan
|
Aktif
Bertanya
|
Aktif
Berpendapat
|
Aktif
dalam kelas
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||||
2.
Rubrik Penilaian Hasil
- Menunjukkan
jenis-jenis slogan / poster
Pedoman penskoran
No
|
Kegiatan
|
skor
|
1
|
Menyebutkan 3 jenis slogan
|
3
|
2
|
Menyebutkan 2 jenis slogan
|
2
|
3
|
Menyebutkan 1 jenis slogan
|
1
|
4
|
Tidak dapat menyebutkan / salah
|
0
|
2. Menulis slogan / poster
Pedoman
penskoran
No
|
Aspek
|
Deskriptor
|
Skor
|
1
|
Kalimat
|
Ringkas, jelas, tepat sasaran, dan menarik
Kurang ringkas, jelas, tepat sasaran dan
menarik
|
2
1
|
2
|
Ambar / logo
|
Sesuai dengan peristiwa / kalimat
Kurang sesuai dengan peristiwa / kalimat
|
2
1
|
3
|
Amanta / isi
|
Sesuai dengan tujuan pembuatan
Kurang sesuai dengan tujuan pembuatan
Tidak sesuai dengan pembuatan
|
3
2
1
|
- Menyunting
poster / slogan
Pedoman
penskoran
No
|
Aspek
|
Deskriptor
|
Skor
|
1
|
Isi
|
Isi sesuai dengan konteks
Isi kurang sesuai dengan konteks
Isi tidak sesuai dengan konteks
|
3
2
1
|
2
|
Logo
|
Sesuai dan menarik
Kurang menarik
Tidak menarik
|
3
2
1
|
3
|
Bentuk tulisan
|
Ringkas, jelas, menarik
Kurang jelas dan kurang menarik
Tidak jelas dan tidak menarik
|
3
2
1
|
4
|
Kalimat
|
Jelas, tepat sasaran, padat
Kurang tepat sasaran
Tidak tepat sasaran
|
3
2
1
|
5
|
Informasi
|
Mudah diterima dan bermakna
Kurang diterima dan bermakna
Tidak diterima dan bermakna
|
3
2
1
|
Skor
maksimum :
Skor
nomor 1 = 3
Skor
nomor 2 = 7
Skor nomor 3 = 15
*Skor
maksimum (25)
Nilai
akhir = X
100 =
Mengetahui, Madiun,
………2012
Kepala SMP Negeri…….Madiun Guru Mapel BHS Indonesia
(…………………………………) (Yulianti Setyaningrum S.Pd)
NIP / NIK : …………………….. NIP / NIK : -
No comments:
Post a Comment